January 02, 2021

2020 is over, 2021 is started!

Blessed New Year 2021, all! Finally udah tutup buku 2020 yah. Bersyukur buat kesehatan yang masih dikasih sampe di hari ini, hari ke-dua di tahun yang baru. 2020 adalah tahun pembelajaran yang paling luar biasa secara pribadi buat gue. Dari Januari sampe Desember 2020 bener-bener banyak surprise-surprise gila yang ngga kebayang bakal terjadi hahahahaha. Bersyukur buat setiap hal yang terjadi, sampe di titik ini cuma bisa bilang Tuhan Yesus baik. Penyertaan-Nya sempurna, rancangan-Nya penuh damai.
Tahun 2020 gue, kalo adik gue menganalogikannya gini,
"Lu tuh kayak lagi di medan pertempuran kak. Udah babak belur, luka-luka sekujur tubuh, tergopoh-gopoh jalan ke tenda pengobatan buat diobatin, ehh baru sampe di tenda itu, tu tenda di-bomb juga." WKWKWKWK

Then memasuki 2021 kalo kata salah satu bestfriend gue (a.k.a Adit) bilangnya,
"semoga lo bisa lebih mateng lagi ke depannya, karena udah dimasak bener-bener di tahun 2020 ini." WKWKWKWK "dimasak" cuyyyy~

Gue ngga mau membesarkan apa yang terjadi di 2020 karena udah kelar juga, semua hal yang terjadi itu bikin gue sadar bahwa Tuhan itu Maha Kuasa. Jesus is the Sovereign One. Let me put it into some points about what I learned in 2020:
1.) Ketika Tuhan memutar balikan keadaan, sesungguhnya itu ngga lagi keputer balik, melainkan Tuhan lagi balikin ke posisi seharusnya. Posisi yang terbaik sesuai rencana-Nya.
2.) Segala sesuatu yang gue anggap hilang, itu bukan hilang, tapi hanya sudah selesai aja waktunya untuk ada di hidup gue, dan udah ngga berguna lagi untuk gue ke depannya. So it should be out.
3.) Sebelum gue sadar kalo gue butuh "pengganti" atas apa yang gue anggap hilang, sesungguhnya Tuhan udah kasih dari jauh-jauh hari "pengganti"-nya untuk ada di fase gue yang sedang "merasa kehilangan", sampe gue sadar pada akhirnya (yang gue bahas di point sebelumnya) kalo sebenernya ngga ada yang hilang dari hidup gue. Tuhan Yesus cuma sabar nuntun gue sampe gue ngerti akan apa yang lagi Dia kerjakan di hidup gue. I never lose anything or anyone.
4.) Gue ngga akan pernah bisa menyelami apa rencana Tuhan dalam hidup gue. Gue rencanain A, yang terjadi Z. Kecewa sampe keubun-ubun, jalanin hari demi hari dengan banyak pertanyaan dan kebingungan WHY WHY WHY, padahal sesungguhnya Tuhan lagi nyelamatin gue dari keputusan yang salah. Tuhan lagi nyelamatin gue dari keadaan dan hari depan yang bakal nyiksa gue seumur hidup. Wkwkwk ini part ter-sulit dimengerti, tapi pada akhirnya gue bisa bilang Tuhan itu baik dan Tuhan yang lebih tau apa yang terbaik buat gue lebih dari pada diri gue sendiri.
5.) Never ever depend on anyone. Orang-orang yang ada buat temenin gue sepanjang gue lewatin semuanya, itu karena ide dan inisiatif Tuhan. All I need to be thanked is only God alone.
6.) Best friends do exist. Orang-orang yang wholeheartedly mau korbanin waktu, tenaga, pikiran buat gue, mereka bikin gue sadar ternyata orang tulus itu ada, teman baik itu ada. Beberapa sahabat gue yang nemenin 2020 gue di masa-masa rollercoaster gue:
- Aditio Sasmita: Orang yang selalu ada 1 x 24 x 7 kalo kata dia wkwkwk, literally yang sabar banget ngeladenin pasang surut hidup gue beberapa tahun terakhir (paling gila tahun 2020 sih ya dit? hahaha). Tempat gue ceritain apa aja, apa adanya, dari jaman gue melarikan diri ke Bali 2 tahun lalu, terus gue melarikan diri ke Jogja tahun lalu, dia yang selalu support gue untuk kesehatan mental gue. Yang kalo ngomong suka terlalu tegas kayak bapak-bapak lagi larang anaknya ini itu biar anaknya ngga sakit hati~ utututututu wkwkwk Adit baik banget sih. Banyak yang mispersepsi sama kedekatan gue sama Adit, padahal gue sama Adit tuh temenan udah dari berapa tahun lalu (jaman-jaman 1 kantor di Rawamangun, Adit masih di Backoffice, gue udah di SOW. Tau struggle-nya anak ini yang mau pindah ke SOW, dan sekarang dia udah di SOW bahkan menang BCA Innovation Award perwakilan SOW, dan gue sekarang yang sudah melepas SOW untuk pindah unit ke .... oops rahasia hehehe~). Plus Adit juga udah married dan punya anak weh wkwkwkwk, suka ngadi-ngadi emang yang gosipin gue sama Adit dan mengira kedekatan gue sama Adit kayak uwu2 gimana. Eww! Hahahahaha isi chat-an gue sama Adit itu sangat jauh dari uwu-uwu gengsss, isinya sticker2 ngeselin (mostly dia sih ngeselin suka kasih sticker jewer, pukul, kekerasan dalam persahabatan lah kalo liat isi chat gue sama Adit wkwkwk). Adit itu bisa dibilang 911 gue dari jaman dulu, yang selalu mikirin solusi dari peliknya hidup gue hahahaha (makanya kalo gue dapet pujian dari netizen-netizen yang selalu ngira gue ga pernah keliatan galau, dll, si Adit paling getol DM "MASA???" wkwkwkwk), bisa panjang gengss kalo gue ceritain tentang Adit, intinya jangan percaya ke-cool-an nya dia di public. Anaknya aslinya receh, bawel, bapak-bapak banget, suka krik jokes-nya wkwkwk, tapi dia literally setulus itu. Last time, hari di mana gue pagi-pagi udah VN dia segambreng (udah kayak podcast kalo kata dia wkwk), sorenya dia call gue untuk kasih petuah-petuah yang panjang x lebar (sambil dia nyetir keliling Cibubur auk dimana sambil ceramahin gue, sampe ketemu mobil mertua-nya HAHAHAHAHAHA NGAKAK)

- Septyana Putri: Orang yang paling total sama gue, satu-satunya yang (so far) bisa bikin gue nangis di public karena bahagia. Right on my birthday last year. Seumur hidup, gue ngga pernah nangis di public segitunya karena happiness wkwkwkwk, and she did it. Yang kepo gue nangis tuh kayak gimana (due to gue selalu ceria dan ketawa-ketawa aja kalo di public), bisa liat di IG gue (cari aja yah, kalo kepo harusnya semangat cari kan yang mana postingannya wkwkwk). Dia yang rela subuh-subuh udah bangun (padahal dia lagi kurang tidur banget dan banyak kerjaan belakangan) buat jemput gue jam 7 pagi dari Bekasi just for chitchatting di Starbucks Sunter (and again, i dropped my happy tears again. Huhu kenapa sih yak kalo deep conversation sama lu tuh auto ga ketahan air mata gue hahahaha), yang selalu ulang-ulang bilang kalo Tuhan Yesus tuh sayang banget banget banget sama gue yaampoooonnnn gue kalo diginiin kan gimana gitu yah hahahaha, terus dia pula yang nawarin anterin gue ke airport pas gue mau ke Jogja last year. Emang super baik, super sabar, dan super total untuk nunjukin ke-care-an nya sama gue :')

- Abigail Naftalea: Orang yang sama-sama ada di posisi yang sama (tosss dulu! wkwkwk), so she did know what I really felt. Jam 11 malem, gue pulang dari sebuah acara yang endingnya gue had no idea what was going on, gue call dia and the conversation kept going till 5 AM! Gosh. Wkwkwkwk padahal dia jam 8 ada kuliah pagi, tapi sepanjang 6 jam on call sama gue dia yang sesemangat itu ngeladenin gue (malah gue yang endingnya udah teler, suara ga bisa boong, gue udah ngawang banget mendekati jam 5 subuh hahahaha). She is the one yang ngga pernah ngejudge gue dengan apa yang gue "rasa". Karena sesungguhnya seorang Joanna Ivonne bisa identifying based on "feeling" itu something. HAHAHA due to gue anaknya super logical. Ngomong sama gue bisanya head to head, jarang bisa heart to heart. Maklum ENTJ~ (cari tau sendiri yah ENTJ apaan hahaha). Nana bilang, "gue seneng liat perubahan lu karena lewat kejadian ini, bikin lu jadi bisa lebih pake perasaan, dan ini bagus kalo lu udah bisa mengekspresikan apa yang lu rasa." Meski gue ngerasa so awkward ya kalo pake perasaan tuh kek gini ternyata wkwk. Anyway, Nana udah kenal gue dari 12 tahun yang lalu, jadi dia udah tau banget tipikal ngobrol sama gue 99.9% logic. So, she said that it was one of my achievement in 2020.

Oke lanjut dari yang gue tulis di atas, point berikutnya yang gue pelajarin di 2020 yaitu:
7.) Don't be anyone else. Just be yourself. Gue mempelajari untuk bisa lebih pake perasaan di 2020, dan gue jadi mau gila sendiri to be honest hahahaha, gue gabisa yang dominan pake perasaan karena gue tercipta tidak seperti itu. That's why I came back as myself again, a logical person. Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu kan ngga baik, jadi ini lagi adjust untuk memilah kapan gue harus melibatkan perasaan, kapan tidak. Jadi ngga usah terlalu dipaksa untuk identifying based on "feeling" again.


7 main points yang gue pelajarin di 2020 akan gue apply di 2021.
Terlepas dari life lessons yang gue pelajarin tadi, berkat Tuhan itu nonstop gengssss~
Let me put it into the points too:
1.) Januari 2020 - New Year Dinner di GIOI Senopati with the girls of Tompodung clan hahaha

2.) Februari 2020 - Jadi MC di Event SOW with Ikiy (yang setelah acara ini kita jadi sahabatan wkwk)

3.) Maret 2020 - Sempet main scooter sebelum masa pandemi sama Ikiy and Steve

4.) April 2020 - Project SOW pertama di 2020 (setelah sekian bulan di-hold), relokasi KCU Sunter
    This pic is with my boss and my 2 seniors in SOW (gue anak kicik sendiri wkwkwk)


5.) Mei 2020 - Martabakan di Taman Jajan Bintaro seminggu bisa 3x HAHAHA enak bgtttt soalnya!
    (feat. Ikiy yang rumahnya deketan sama apart gue, jadinya sering nongs bareng di sini wkwkwk)

6.) Juni 2020 - Staycation pertama with the Solitaire girls pas PSBB udah dilonggarin wkwkwk

7.) Juli 2020 - Bisa gereja offline akhirnya di Tiberias Balai Sarbini (met my chubby-mate, Sassa)

8.) Agustus 2020 - My Birthday!
    

9.) September 2020 - Nonstop masih suasana birthday di kantor wkwkwkwk
       

10.) Oktober 2020 - Kesampean foto di depan pintu-nya BI hahahaha

11.) November 2020 - Melepas unit SOW-ku untuk training ke unit baru (time flies~)

12.) Desember 2020 - Christmas in Jogja. It was very unexpected and unplanned one. :')

Gokil yahhh kebaikan Tuhan tuh. :')

Ini gue cuma ambil highlight of highlights per-bulan-nya. In fact, dalam 1 bulan banyak banget berkat Tuhan yang indescribable (kalo mau liat semuanya secara detail, I put it on my IG Highlights. Silakan dicek, tapi maaf nih sebelumnya highlight IG gue berantakan hahahaha ngga gue klasifikasikan sesuai moment. Cek semua aja ada 4 Highlight doang kok. Tapi 1 highlight isinya 100 stories HAHAHAHAHA)

Apapun yang telah terjadi, gue bersyukur buat setiap detail hidup gue. Gue survive sampe detik ini pure karena kekuatan dari Tuhan. Kalo bukan Tuhan, IT WOULD BE SO IMPOSSIBLE gengsss! Setiap hal yang Tuhan ijinin terjadi, setiap orang yang Tuhan ijinin keluar dari hidup gue, setiap orang yang Tuhan ijinin datang dan masih ada di dalam hidup gue, gue sungguh bersyukur buat semuanya. Semua baik, Tuhan Yesus baik.

Intinya masuk 2021 ini gue secara pribadi jadi lebih firm lagi untuk melangkah sama Tuhan. Knowing that He is a Faithful God. Selama 12 bulan di 2020 yang rasanya more like hell aja, pas gue poin-poinin berkat Tuhan ternyata sebanyak itu dan penyertaan-Nya bener-bener sesempurna itu (sampe di end of 2020 malah Tuhan yang kasih kado Natal buat gue bisa liburan di Jogja). Anyway, I'm not talking about the Jogja thing, but how He loves me so much. I flight to Jogja on December 24th, and literally spending my Christmas there. Ketika Dia yang ulang tahun, tapi Dia pula yang kasih gue kado. Di kondisi pandemi ini, Tuhan masih kasih kesempatan buat holiday itu precious banget. 2x SWAB Antigen, dan dua-duanya Negative / Non-Reactive. Also, gue udah melewati 7 hari dari kepulangan gue ke Jakarta, dan bener-bener sehat, keluarga sehat, temen-temen sehat (which means, I am being perfectly protected by God).



I started my 2021 dengan salah satu ayat yang sangat memberkati gue dan bikin gue confident untuk melangkah di hari-hari ke depannya. Hopefully, ini bisa memberkati kalian juga dan bikin kalian punya self confidence juga untuk jalanin hari-hari baru sepanjang 2021.
It is Jeremiah 29:11,
"For I know the plans I have for you,” declares the LORD, “plans to prosper you and not to harm you, plans to give you hope and a future."
Atau kalo di dalam terjemahan Bahasa Indonesia, Yeremia 29:11,
“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, "yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”
Amin.

Sebagai penutup, ini view gue sebelum mendarat di Yogyakarta International Airport.
Christmas holiday yang paling surprise dan ngga pernah terpikiran sama sekali. Wkwkwk I watched the sun sets in the airplane, when the sky meets the sea, the golden hour.
It was the sweetest Christmas Eve ever!



Dengan semua yang telah terjadi ini, gue jadi punya keyakinan masuk 2021, Tuhan yang sama (yang telah menyertai gue dengan sempurna sepanjang 2020) yang juga akan senantiasa menyertai dan nyatain mujizat-mujizatNya di hidup gue yang ngga pernah terpikirkan dan terencakan sebelumnya. Karena gue baru ngeh setelah gue tulis ini semua, ternyata Tuhan Yesus itu full of surprises gengsss! Wkwkwkwk dan semua surprise-nya itu berakhir indah dan selalu bawa damai di hati gue. Huaaaaa Tuhan Yesus super baikkkk ga ngerti lagiiii. :') Maaciiii Tuhan Yesus.

Last but not least, be happy and stay healthy everyone! God bless you.

Xoxo,
Joanna Ivonne Ruth Sumampouw

No comments:

Post a Comment